Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat, biasanya ditulis dengan bahasa ilmiah populer. Sedangkan, artikel opini adalah tulisan yang berisi pendapat penulis tentang data, fakta, fenomena, atau kejadian tertentu dengan maksud dimuat di surat kabar atau majalah. Artikel termasuk dalam kategori teks oposisi yang berisi argumen seseorang yang dimuat di surat kabar, majalah, website dan/atau blog.
Membaca surat kabar atau majalah ibarat makan sehari-hari. Apalagi era kini yang memungkinkan setiap orang mudah untuk mendapatkan bacaan jenis ini. Kamu pasti juga menjadi bagian dari orang-orang yang membaca surat kabar dan majalah. Pernahkah kamu mengamati majalah atau surat kabar secara khusus? Apa yang dapat kamu temukan dalam surat kabar tersebut? Jika dicermati, berita dalam majalah atau surat kabar terdiri atas beragam rubrik. Dari segi isinya, koran/majalah tersebut dapat berupa rubrik. Dari segi isinya, koran/majalah tersebut dapat berupa rubrik politik, hukum, olahraga, pendidikan, dan sebagainya. Salah satu rubrik dari surat kabar atau majalah adalah artikel. Artikel adalah tulisan tentang suatu masalah, termasuk pendapat dan pendirian penulis tentang masalah itu.Artikel bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur pembaca.
Contoh Artikel (Pendidikan)
Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Belajar
oleh Drs. Dedi Djunaedi
Gagasan pokok dalam paragraf pertama adalahpengembangan kreativitas siswa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Gagasan pokok dalam paragraf kedua adalahpentingnya pengembangan kreativitas siswa akibat bergesernya peran guru.
Gagasan pokok dalam paragraf ketiga adalahpengaruh lingkungan terhadap tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf empat adalahsetiap jenjang pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi menuntut kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf lima adalahdefinisi para ahli mengenai kreativitas.
Gagasan pokok dalam paragraf enam adalah penyebab memudarnya kreativitas anak-anak ketika mulai bersekolah.
Gagasan pokok dalam paragraf tujuh adalahdampak sekolah terhadap perkembangan kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf delapan adalahglobalisasi menjadi salah satu penyebab terhambatnya kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf sembilanadalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru untuk menunjang kreativitas siswa.
Sumber: Pikiran Rakyat, 10 Januari 2005 (dengan perubahan)
disadur dari buku Aktif dan Kreatif Bebahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA Program IPA dan IPS
Soal Artikel
Masalah apa yang diungkapkan penulis dalam artikel tersebut?
Apa pendapat atau gagasan penulis terhadap masalah yang diungkapkannya?
Catat dan perincilah gagasan pokok dalam artikel tersebut.
Rangkumlah isi artikel tersebut berdasarkan catatan yang Anda buat.
Jawaban Soal Artikel
Jawaban Soal 1
Masalah yang diungkapkan oleh penulis dalam artikel tersebut adalah pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlu dioptimalkan.
Jawaban Soal 2
Pendapat atau gagasan penulis terhadap masalah yang diungkapkan adalah Bahwa pengembangan kreativitas siswa sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. Dahulu,guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif dalam suasana belajar yang menyenangkan. Membangun pemahaman yang baik kepada para siswa akan sulit, jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan.
Sesuai dengan kriteria opini, paragraf tersebut tergolong ke dalam paragraf yang mengandung opini/pendapat/gagasan penulis: pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu dan biasanya dapat menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Paragraf tersebut merupakan opini penulis yang berupa solusi terhadap permasalahan yang sedang dikaji pada artikel tersebut. Opini yang disampaikan penulis tersebut bukan hanya sekadar pendapat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, tetapi didasarkan dan didukung oleh fakta-fakta yang memang nyata terjadi.
Jawaban Soal 3
Gagasan pokok dalam paragraf pertama adalah pengembangan kreativitas siswa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Gagasan pokok dalam paragraf kedua adalah pentingnya pengembangan kreativitas siswa akibat bergesernya peran guru.
Gagasan pokok dalam paragraf ketiga adalah pengaruh lingkungan terhadap tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf empat adalah setiap jenjang pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi menuntut kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf lima adalah definisi para ahli mengenai kreativitas.
Gagasan pokok dalam paragraf enam adalah penyebab memudarnya kreativitas anak-anak ketika mulai bersekolah.
Gagasan pokok dalam paragraf tujuh adalah dampak sekolah terhadap perkembangan kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf delapan adalah globalisasi menjadi salah satu penyebab terhambatnya kreativitas siswa.
Gagasan pokok dalam paragraf sembilan adalah hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru untuk menunjang kreativitas siswa.
Jawaban Soal 4
Rangkuman berdasarkan catatan yang telah dibuat adalah sebagai berikut
Pengembangan kreativitas siswa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) perlu dioptimalkan. Pentingnya pengembangan kreativitas siswa akibat bergesernya peran guru. Tumbuh dan berkembangnya kreativitas siswa dipengaruhi oleh lingkungan. Setiap jenjang pendidikan dari TK hingga perguruan tinggi menuntut kreativitas siswa. Kreativitas adalah kemampuan memunculkan dan mengembangkan gagasan. Penyebab memudarnya kreativitas anak-anak ketika mulai bersekolah. Sekolah menjadi sebab sempitnya perkembangan kreativitas siswa. Globalisasi juga menjadi salah satu penyebab terhambatnya kreativitas siswa. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru untuk menunjang kreativitas siswa.
Catantan Penulis
Masalah yang bisa dipelajari dari teks artikel di antaranya:
Masalah yang diunggkapkan
Gagasan pokok, ide pokok, gagasan utama, pikiran utama, pikiran pokok
Pendapat penulis
Rangkuman teks
Penyataan opini
Pernyataan fakta
Kata teknis/istilah
Kutipan
Kata baku dan/atau tidak baku
Pola pengembangan paragraf (deduktif, induktif, deduktif-indukti, ineratiff, dan campuran)