wendycode

Materi dan Soal Informasi Penting dari Buku Pengayaan Kelas 11 KD 3.7 #KP 1

0

Identitas

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Alokasi waktu : 4X45 menit
Judul : Informasi Penting dari Buku Pengayaan

Kompetensi Dasar

3.7 Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca.
4.7 Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi).

Deskripsi Singkat Materi

Semangat selalu dalam belajar bahasa Indonesia. Sekarang kalian sudah sampai pada pembelajaran terakhir semester ganjil, yaitu mengidentifikasi informasi penting dari buku pengayaan. Membaca merupakan jendela ilmu. Agar kaya ilmu, kalian harus rajin membaca buku, termasuk buku pengayaan atau buku selain buku teks pelajaran. Sudah siapkah kalian? Persiapan kalian yang utama adalah kalian dalam keadaan sehat sehingga dapat mempelajari materi ini dengan baik.

Pada materi ini, kalian akan belajar bagaimana melaporkan butir-butir penting hasil kegiatan membaca buku pengayaan. Sebelum membaca buku nonfiksi tersebut pahamilah secara umum buku tersebut dengan melihat daftar isinya untuk dapat melihat gambaran secara umum isi buku tersebut, menyusun pertanyaan berkenaan dengan judul buku tersebut. Kemudian bacalah dengan saksama. Kemudian pada pembelajaran selanjutnya kalian akan membuat laporan tentang butir-butir penting yang ada pada buku nonfiksi tersebut.

Materi Pembelajaran

Pertama : Informasi Penting dari Buku Pengayaan
Kedua : Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

Informasi Penting dari Buku Pengayaan


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul pada kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi butir-butir penting dari buku pengayaan yang dibaca dengan kritis, kreatif, bekerja sama dan bertanggung jawab.

Uraian Materi

Pernahkah mendengar slogan bahwa buku adalah jendela ilmu? Agar dapat masuk dan mengintip apa isi jendela tersebut kalian harus membaca. Setelah kalian membacanya, bagaimana tanggapanmu mengenai isi buku tersebut? Pada pembelajaran kali ini kalian akan belajar bagaimana melaporkan buku yang dibaca. Buku tersebut adalah buku nonfiksi, berupa buku pengayaan. Untuk dapat melaporkannya, kalian harus membaca dan memahami isi yang terkandung di dalam buku.

Pada pembelajaran kali ini kalian akan mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan yang kalian baca. Sebagai contohnya kalian akan membaca buku nonfiksi berjudul Asyiknya Bermatematika dengan Media.



1. Langkah-langkah Mengidentifikasi Buku Pengayaan (nonfiksi).

Kegiatan membaca sangat berguna. Dari kegiatan membaca, kita memperoleh banyak pengetahuan, wawasan, atau informasi berharga. Banyak sumber bacaan yang dapat kalian baca. Namun, saat ini kalian belajar dari membaca buku nonfiksi. Salah satu jenis buku nonfiksi adalah buku-buku pengayaan. Buku-buku ini akan memperkaya pengetahuanmu, keterampilanmu, dan sikapmu.

Persiapan yang dilakukan sebelum membaca buku pengayaan:
  1. Carilah buku nonfiksi (buku pengayaan) di perpustakaan. Buku yang kalian baca bukan buku teks pelajaran. Pinjamlah buku tersebut kepada petugas untuk kalian baca selama satu minggu.
  2. Jika kalian memiliki uang, pergi lahke toko buku. Carilah buku nonfiksi yang dapat kalian miliki untuk dibaca.
  3. Kalian juga bisa membaca buku yang kalian miliki.
  4. Mulailah mempersiapkan kegiatan membaca, dengan menyiapkan buku tulismu untuk melaporkan kegiatan membaca minggu ini.
  5. Tuliskanlah judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
  6. Amatilah daftar isi buku tersebut. Bacalah sekilas daftar isinya,kemudian tuliskanlah, ada berapa bab isi buku tersebut.
  7. Sebelum membaca, berdasarkan daftar isibuku,kalian susun pertanyaan yang mungkin akan kalian dapatkan dari isi buku. Pada buku laporan membaca, tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin kalian dapatkan jawabannya dari membaca isi buku.
  8. Buatlah laporan apa yang telah dilakukan tersebut! 

Laporan Pramembaca

Judul buku : Asyiknya Bermatematika dengan Media
Pengarang : Guslaini, S.Si. M.Pd
Penerbit, tahun terbit : SituSeni, 2017
Jenis buku : Nonfiksi
Tebal buku : x + 127

Pertanyaan Sebelum Membaca
  1. Mengapa bermatematika dengan media asyik?
  2. Media apa saja yang dapat membuat asyik dalam bermatematika?
  3. Bagaimana cara memanfaatkan media agar bermatematika asyik?

2. Informasi Penting dalam Buku Nonfiksi

Selanjutnya kegiatan mengidentifikasi butir-butir penting dalam buku nonfiksi yang dilakukan adalah membaca, dengan mengikuti kegiatan sebagai berikut!:
  1. Mulailah membaca. Apabila buku itu milikmu, pada saat kalian membaca tandailah butir-butir penting dari setiap sub bab yang dibaca. Jika buku itu milik perpustakaan, setiap kalian membaca butir-butir penting, tuliskanlah pada buku laporan membaca.
  2. Setiap kalian akan mulai membaca, tuliskan terlebih dahulu hari, tanggal, dan waktu kalian membaca agar kegiatan muterdata.
  3. Lakukanlah kegiatan membaca buku tersebut selama satu minggu.
  4. Jika kalian sudah selesai membaca buku, datalah informasi penting dan ada dalam buku yang dibaca.


Judul buku : Asyiknya Bermatematika dengan Media
Pengarang : Guslaini, S.Si. M.Pd
Penerbit, tahun terbit : SituSeni, 2017
Jenis buku : Nonfiksi
Tebal buku : x + 127

No. : 1
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : i-x
Informasi /Butir-butir Penting : 
Bagian ini berisi Kata pengantar dari penulis dan Kadis Pendidikan Kab Inhil.
    1. Penulis (sekapur sirih) penerbitan buku ini akan menjawab agar bisa menikmati dan menyukai matematika.
    2. Drs. H Saifuddin, M.P menyatakan buku ini mampu memberikan kemudahan dan pemahaman guru dan calon guru maupun pecinta matematika bisa memberikan pemahaman dengan mudah kepada siswanya.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 2
Hari, Tanggal
Halaman/BAB yang Dibaca : BAB 1
Informasi /Butir-butir Penting : 
Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, pengertian, fungsi, jenis, tujuan, jenis, kriteria, ciri-ciri, pentingnya media dan penyebab guru tidak menggunakan media 
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 3
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : BAB 2
Informasi /Butir-butir Penting :
Media Ular Tangga: Bahan dan pembuatan, kartu soal, Dadu, dan aturan permainan.
Pertanyaan/ Tanggapan : 


No. : 4
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : BAB 3
Informasi /Butir-butir Penting :
Media Sirkuit Matematika: Papan permainan (persegi panjang), Dadu, Bidak, Bengkel Ingatan, dan aturan main.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 5
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : BAB
Informasi /Butir-butir Penting : 
Keunikan anka 9: Bilangan dengan urutan terbalik, angka 9 yang mempesona.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 6
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : 
Informasi /Butir-butir Penting : dst.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 7
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : 
Informasi /Butir-butir Penting : dst.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

No. : 8
Hari, Tanggal : 
Halaman/BAB yang Dibaca : 
Informasi /Butir-butir Penting :dst.
Pertanyaan/ Tanggapan : 

Blangpidie, 20 Agustus 2022
                                                Mengetahui  
Orang Tua/Wali                                                    Guru Bahasa Indonesia

(tanda tangan dan nama)                                       (tanda tangan dan nama)



Lanjutkan identifikasi butir-butir penting dilakukan setelah membaca dengan mendata informasi penting dan menarik dari buku pengayaan yang dibaca. Fungsi identifikasi ini adalah membantu menyusun laporan agar menyusunan laporan dapat dilakukan secara detail.

Laporan Pascamembaca


 
Dilaporkan oleh: ………………
Kelas :..................................


Rangkuman
  1. Kegiatan membaca pengayaan adalah kegiatan menambah ilmu dengan membaca buku yang bukan merupakan buku teks.
  2. Kegiatan pengayaan buku non fiksi adalah kegiatan membaca buku yang bukan merupakan karya sastra, jadi buku yang bersifat pengetahuan.
  3. Manfaat membaca buku pengayaan nonfiksi adalah menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap pembaca agar menjadi luas wawasannya.
  4. Tahap-tahap mengidentifikasi butir-butir penting dapat dilakukan sebelum dan sesudah membaca.
  5. Pada tahap sebelum membaca dilakukan pemahaman umum tentang buku dan membuat pertanyaan apa yang akan diperoleh secara umum sebelum membaca. Pada kegiatan membaca, pembaca akan tahu informasi atau butir-butir penting dari buku yang dibacanya.

Penugasan Mandiri

Cermatilah petunjuk penugasan mandiri!
1. Kegiatan Pra membaca:
  • a. Bacalah salah satu buku pengayaan (nonfiksi)
  • b. Tuliskanlah judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
  • c. Amatilah daftar isi buku tersebut.
  • d. Bacalah sekilas daftar isinya,kemudian tuliskanlah, ada berapa bab isi buku tersebut.
  • e. Sebelum membaca, berdasarkan daftar isi buku, kalian susun pertanyaan yang mungkin akan kalian dapatkan dari isi buku. (Pada buku laporan membaca, tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin kalian dapatkan jawabannya dari membaca isi buku).
  • f. Kerjakan dengan mengikuti format berikut!
Laporan membaca



2. Kegiatan membaca
Selanjutnya kegiatan membaca dilanjutkan dengan mengidentifikasi butir-butir penting dalam buku nonfiksi yang dilakukan adalah membaca, dengan mengikuti kegiatan sebagai berikut!
  • a. Mulailah membaca.
  • (Apabila buku itu milikmu, pada saat kalian membaca tandailah butir-butir penting dari setiap sub bab yang dibaca. Jika buku itu milik perpustakaan, setiap kalian membaca butir-butir penting, tuliskanlah pada buku laporan membaca)
  • b. Setiap kalian akan mulai membaca, tuliskan terlebih dahulu hari, tanggal, dan waktu kalian membaca agar kegiatan muterdata.
  • c. Lakukanlah kegiatan membaca buku tersebut selama satu minggu.
  • d. Jika kalian sudah selesai membaca buku,catatlah butir-butir penting dalam membaca buku pengayaan nonfiksi.
  • e. Lengkapi dengan pertanyaan/tanggapan agar memperjelas informasi.
  • f. Silakan gunakan format berikut dengan menyesuaikan buku yang dibaca!


Latihan Soal
Bacalah kutipan buku berikut dengan saksama!
Judul Buku : Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran
Penyunting : Ismid Hadad, Fuad Hashem, Aswab Mahasin, Ismet Nasir dan Daniel

Dhakidae

Penerbit : Pustaka LP3ES Indonesia
Terbit : VII, Mei 2005
Tebal : xx+385 halaman

Menurut Harsja W Bachtiar, para mahasiswa merupakan suatu golongan yang boleh dikatakan baru di Indonesia tetapi dalam sejarah perkembangannya yang masih amat singkat, banyak sekali yang telah terjadi sebagai akibat kegiatan atau tindakan-tindakan mereka. Banyak dari mahasiswa dari pemuda-pemudi Indonesia (yang menjadi mahasiswa di lembaga-lembaga pendidikan tinggi) ini ikut serta menjalankan peranan penting dalam gerakan politik yang akhirnya menyebabkan kehancuran struktur masyarakat jajahan.

Para mahasiswa dan pemuda inilah yang pertama-tama bertekad untuk mempersatukan seluruh penduduk pribumi di kepulauan kita ini sebagai satu bangsa, Bangsa Indonesia, yang bertanah air satu, Kepulauan Indonesia dan yang berbahasa satu Bahasa Indonesia. Sejarah kemudian memperlihatkan bahwa tindakan pemuda-pemudi ini sangat berarti dan amat banyak pengaruhnya pada perkembangan masyarakat Indonesia.

Meskipun para mahasiswa merupakan golongan yang amat penting, golongan pada pertengahan tahun 1960-an ikut menjalankan peranan yang amat besar dalam meruntuhkan Orde Lama yang dipimpin Presiden Soekarno dan membangun Orde Baru yang dalam masyarakat kita yang dipimpin oleh Presiden Soeharto, namun dalam perjalanan pemerintahan Soeharto, pemuda-pemudi Indonesia harus bersatu padu lagi, menelanjangi dan membongkar kebusukan-kebusukan era Soeharto sehingga beliau harus turun dari pemerintahan.

Di antara para mahasiswa ini terdapat pemuda Soe Hok Gie. Ia adalah seorang anak muda yang berpendirian yang teguh dalam memegang prinsipnya dan bercita-cita besar tak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk kepentingan orang banyak terutama kaum terpinggirkan. Ia rajin mencatat apa yang dialaminya, apa yang dipikirkannya. Dengan perantaraan catatan-catatan hariannya, kita dapat memperoleh pengetahuan mengenai kehidupan dan tindakan para mahasiswa dengan berbagai permasalahan yang dihadapi mereka. Dengan berbagai pertimbangan, buku hariannya itu kemudian diterbitkan dengan judul Catatan Seorang Demonstran, pada Mei 1983.

Di zaman Gie, kampus menjadi ajang pertarungan kaum intelektual yang menentang atau mendukung pemerintahan Bung Karno. Sepanjang 1966-1969, Gie berperan aktif dalam berbagai demonstrasi. Uniknya ia tak pernah menjadi anggota KAMI, organisasi yang menjadi lokomotif politik angkatan 66. Gie lebih banyak berjuang lewat tulisan.

Kritiknya pada Orde Lama dan Presiden Soekarno digelar terbuka lewat diskusi maupun tulisan di media massa. Ketika pemerintahan Soekarno ditumbangkan gerakan mahasiswa Angkatan 66, Gie tidak lantas mau mendukung pemerintahan Orde Baru. Gie memilih menyepi ke puncak-puncak gunung bersama teman-temannya.

Gie mencintai gunung dan alam bebas. Puisi-puisinya banyak berkisah tentang kecintaannya terhadap pendakian gunung. Di puncak gunung juga salah satu pendiri Mapala UI ini menghadap penciptanya. 16 Desember 1969, di tengah kabut tebal puncak Gunung Semeru, sehari sebelum ulang tahun Gie ke-27, Gie dan Idhan Lubis meninggal karena menghirup gas beracun. Teman-teman Gie yang ikut mendaki saat itu adalah : Anton Wiyana, A. Rahman, Freddy Lasut, Idhan Lubis, Herman Lantang, Rudy Badil, Aristides Katoppo.

Soe Hok Gie adalah mahasiswa Indonesia keturunan Tionghoa yang hidup di era Orde Lama pada tahun 1950-an. Kisah Gie sangat menginspirasi hingga buku ini diadaptasi menjadi layar lebar dan menjadi salah satu yang terlaris. Catatan Soe Hok Gie sebenarnya adalah diary mengenai jalan pemikiran dan gagasan-gagasannya dalam melawan penindasan.

Sosok Gie yang berpendirian tegas dan memegang prinsip hidupnya dengan kuat menjadi inspirasi tersendiri bagi generasi muda masa kini. Gie adalah pelopor gerakan mahasiswa yang tidak ingin tunduk pada pemerintah saat itu.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan resensi tersebut!
1. Sebutkan identitas buku nonfiksi tersebut?
…………………….
2. Siapakah Soe Hok Gie?
…………………….
3. Hal-hal apa saja yang dapat kamu teladani dari Soe Hok Gie!
…………………….
4. Informasi apa saja yang disampaikan peresensi dalam buku tersebut?
…………………….
5. Dapatkah kalian mengambil manfaat dari membaca buku pengayaan tersebut?
…………………….


Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Sebutkan identitas buku nonfiksi tersebut?
Judul Buku : Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran
Penyunting : Ismid Hadad, Fuad Hashem, Aswab Mahasin, Ismet Nasir dan Daniel Dhakidae
Penerbit : Pustaka LP3ES Indonesia
Terbit : VII, Mei 2005
Tebal : xx +385 halaman

2. Siapakah Soe Hok Gie?
Soe Hok Gie adalah seorang anak muda yang berpendirian yang teguh dalam memegang prinsipnya dan bercita-cita besar tak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk kepentingan orang banyak terutama kaum terpinggirkan. Soe Hok Gie adalah mahasiswa Indonesia keturunan Tionghoa yang hidup di era Orde Lama pada tahun 1950-an. Sosok Gie yang berpendirian tegas dan memegang prinsip hidupnya dengan kuat menjadi inspirasi tersendiri bagi generasi muda masa kini. Gie adalah pelopor gerakan mahasiswa yang tidak ingin tunduk pada pemerintah saat itu.
 
3. Hal-hal apa saja yang dapat kamu teladani dari Soe Hok Gie!
Dapat meneladani, jiwa pejuang, pantang menyerah, mandiri, rajin, dan berjiwa sosial tinggi.

4. Informasi apa saja yang disampaikan peresensi dalam buku tersebut?
Perjalanan dan sepak terjang dari Soe Hok Gie selama pemerintahan Soekarno.

5. Dapatkah kalian mengambil manfaat dari membaca buku pengayaan tersebut?
Bervariasi, disesuaikan dengan minat dan kegemaran peserta didik.


GLOSARIUM
  • Buku Pengayaan : Buku yang bukan merupakan buku teks pelajaran yang dapat memperkaya pengetahuan, keterampilan dan sikap pembaca.
  • Buku nonfiksi : Buku yang tidak berisi karya sastra, atau buku yang isinya berupa ilmu pengetahuan nonsastra.
  • Laporan : Kegiatan mengungkapkan kembali hal-hal penting dari buku yang telah dibaca dalam bentuk tulis
  • Membaca : Kegiatan mendalami buku dengan tujuan agar dapat memahami isinya.

Posting Komentar

0 Komentar
Komentar

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Posting Komentar (0)
2/sidebar/Soal 11

#buttons=(Accept !) #days=(360)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda.Pelajari lagi
Terima!
To Top