wendycode

Materi dan Soal Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan Kelas 11 KD 3.7 #KP 2

0

Kegiatan Pembelajaran 2
Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari modul kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan kalian dapat menyusun laporan dari butir-butir informasi penting membaca satu buku pengayaan (nonfiksi) dengan kritis, kreatif, dan bertanggung jawab.


Uraian Materi

Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca. Kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian akan belajar menyusun laporan dari butir-butir penting atau informasi yang diperoleh dari kegiatan membaca buku pengayaan (nonfiksi).

Banyak manfaat yang dapat kalian ambil dari kegiatan tersebut. Salah satu manfaat membaca buku pengayaan atau buku ilmiah adalah menambah pengetahuan, keterampilan dan sikap pembaca. Selain itu dengan membaca buku nonfiksi pembaca lebih luas wawasannya terhadap satu masalah yang ada dalam buku tersebut. Sudah siapkah kalian, tetap semangat!

1. Langkah-langkah dalam Menyusun Laporan Kegiatan

Barangkali dalam benak kalian muncul pertanyakan tentang pembuatan laporan membaca buku nonfiksi yang bentuknya berbeda-beda. Apakah bentuk laporan memiliki format baku? Jawabannya tidak. Namun bagaimanapun bentuk laporannya kalian harus memahami langkah-langkah penyusunannya.

a. Membaca buku atau mendengar naskah yang dibacakan/direkam.

Sebelum mengulas bagaimana cara membuat laporan membaca buku nonfiksi. Pastikan kalian sudah membaca semua isi buku. Kenapa demikian? Karena syarat utama adalah membaca buku dan mengetahui isinya. Tanpa melihat isi buku, kalian pasti akan merasa kesulitan dengan pesan atau poin-poin yang akan disampaikan. Sebaliknya, jika kalian sudah membaca dengan baik, maka saat membuat laporan membaca buku nonfiksi pun kalian tidak akan lagi mengalami kesulitan. Karena tahu betul mana saja dan apa saja yang harus kalian tuliskan.

b. Tentukan pokok-pokok buku

Pembaca yang baik akan dengan mudah dalam menentukan ide pokok tiap-tiap paragraf. Apabila hal tersebut kalian kuasai pastilah buku yang kalian baca akan dipahami dengan baik.

c. Menulis laporan dalam bentuk tabel atau rangkuman

Salah satu bentuk laporan yang bisa kalian ikuti yang menggunakan tabel sementara yang lain menggunakan bentuk rangkuman. Cara ini dilakukan dengan dikemas dalam bentuk seperti esai atau membuat karangan. Hanya saja dari segi keefektifan dan kerapian kurang praktis.

Jadi, terlepas itu semua, kalian bisa memilih laporan membaca yang sesuai yang kalian sukai yang mana. Kalian bisa memilih, sesuai dengan karakter masing-masing. Atau bisa juga mengikuti instruksi perintah guru, laporan akan dibuat dan diformat seperti apa dan bagaimana.

d. Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat

Langkah ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah ada laporan yang belum lengkap. Kemudian dilakukan perbaikan laporan tersebut.

2. Menyusun Laporan Kegiatan Membaca Buku nonfiksi

Membaca merupakan kegiatan yang banyak sekali manfaatnya. Apapun tujuan membaca akan sangat bermanfaat bagi diri kalian. Namun apa jadinya apabila yang dilakukan tidak dibarengi dengan pembuatan laporan. Kegiatan membaca menjadi sia-sia hilang, karena kalian lupa pernah membaca buku. Dengan demikian laporan membaca dapat berfungsi sebagai pengingat bahwa kalian telah membaca buku tersebut. Jika kalian sudah selesai membaca buku, susunlah laporan kegiatan tersebut dalam buku rekaman tertulis kegiatan membaca.

Setelah melihat contoh laporan tersebut, setidaknya pula mengubah anggapan bahwa membuat laporan membaca itu sulit, itu tidak benar. Kalian hanya seperti membuat ringkasan singkat yang bisa digunakan untuk pembelajaran. Semoga dengan contoh dan penjelasan di atas, kalian bisa mendapatkan nilai tugas yang baik. Selamat mencoba mengerjakan.

Yuk, kita langsung saja, berikut penulisan laporan membaca buku nonfiksi.

Untuk membantu kalian melaporkan kegiatan membaca, berikut ini contoh format yang dapat kalian buat.


Itulah contoh format laporan membaca buku nonfiksi yang bisa kalian pahami, pelajari. Semoga dengan pemaparan ini memudahkan kalian dalam membuat laporan. Kalian pun tidak perlu pusing-pusing bagiamana membuat laporan. Selanjutnya kalian tinggal memilih buku yang akan dibaca dan dibuatkan laporan sebagai bukti bahwa kalian sudah membaca buku.

Rangkuman
  1. Kemampuan membaca harus dibarengi dengan kemampuan mengidentifikasi tiap-tiap bacaan yang dibacanya.
  2. Identifikasi pokok-pokok informasi sebagai tolok ukur kemampuan membaca.
  3. Kemampuan tersebut dijadikan dasar untuk menyusun laporan kegiatan membaca.
  4. Langkah-langkah menyusun laporan
  5. a. Membaca buku atau mendengar naskah yang dibacakan/ direkam.
    b. Tentukan pokok-pokok buku
    c. Menulis laporan dalam bentuk tabel atau rangkuman
    d. Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat
  6. Laporan kegiatan membaca akan berguna bagi pembaca dalam membantu mengingat informasi penting pada buku yang dibacanya.

Penugasan Mandiri
Petunjuk!
1. Bacalah salah satu buku pengayaan (nonfiksi)
2. Tuliskanlah identitas buku tersebut, berupa judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
3. Identifikasi hasil pembacaan dalam format berikut!

Judul Buku :
Nama Penulis :
Penerbit :
Tahun terbit :
Kota terbit :



4. Buatlah laporan membaca pengayaan nonfiksi dengan mengikuti format berikut!
Judul Buku :
Nama Penulis :
Penerbit :
Tahun terbit :
Kota terbit :



Latihan Soal

Judul Buku : Terampil Budidaya Anggrek
Pengarang : Istiati
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Sahabat
Jumlah Halaman : 58 halaman
Kota Penerbit : Klaten-Jawa Tengah

Anggrek merupakan tanaman hias yang hidup menempel pada media atau tanaman lain. Anggrek sudah dikenal sejak 200 tahun yang lalu dan sekitar 50 tahun terakhir anggrek mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia.

Tujuan pembudidayaan tanaman anggrek adalah sebagai tanaman hias karena bunga anggrek memiliki keindahan dan bau yang khas. Selain itu, anggrek juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat-obatan, bahan minyak wangi, dan bahan minyak rambut.Ada beberapa jenis tumbuhan anggrek yang terdapat di Indonesia antara lain Vanda Tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang, Vanda Hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatra, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), anggrek Paphiopedilun praestans yang berasal dari Jawa Tengah.

Tanaman anggrek dapat tumbuh karena beberapa faktor pendukung. Pertama iklim, anggrek
dapat tumbuh pada suhu minimum 12.70C. kedua media tanam, pada umumnya media yang digunakan untuk penanaman anggrek biasanya menggunakan arang kayu, serabut kelapa, dan batu bata. Ketiga ketinggian tempat, ketinggian tempat yang cocok untuk budidaya tanaman anggrek dibedakan menjadi 3 macam, yaitu pertama anggrek panas (ketinggian 0-600 m dpl) dengan suhu udara 26-30 derajat C pada siang hari, dan 21 derajat C pada malam hari. Kedua, anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl) dengan suhu udara antara 15-21 derajat C pada malam hari, dan 21 derajat C pada siang hari. Ketiga, anggrek dingin (ketinggian lebih dari 1500 m dpl) dengan suhu udara 14-21 derajat C di siang hari, dan 9-15 derajat C pada malam hari. Dalam usaha pembudidayaan anggrek perlu diperhatikan pemilihan bibit yang baik. Bibit yang unggul, baik, dan sehat memiliki beberapa ciri, yaitu bentuk batang kuat, pertumbuhan pesat, daun subur, bungan lebat. bibit anggrek berasal dari biji yang disemaikan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman anggrek yaitu penyulaman, penyiangan, pemupukan, dan pengairan.

Unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman anggrek dalam jumlah banyak meliputi C, H, O, N, S, P, K,Ca, Mg. Untuk unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit meliputi Cu, Zn ,Mo, Mn, V, Sc, B, Si. Penyakit dan hama yang sering menyerang tanaman anggrek antara lain tungau, semut, belalang, penyakit busuk akar, penyakit layu, penyakit bercak bercincin. Tanaman anggrek mulai berbunga pada umur 1-2 bulan. Untuk panen bunga anggrek perlu diperhatikan, pemotongan dilakukan pada jarak 2 cm dari pangkal tangkai bunga dengan menggunakan alat potong yang bersih.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Jelaskan informasi yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek.
  2. Tulislah pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek.
  3. Tulislah laporan membaca buku tersebut!

Kunci dan Pembahasan
  1. Jelaskan informasi yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek.
  2. Simpulan yang diperoleh dari buku Terampil Budidaya Anggrek adalah tanaman anggrek memiliki karakteristik tersendiri dilihat dari cara budidaya, pemeliharaan maupun kebutuhan unsur-unsur untuk pertumbuhan tanaman.
  3. Tulislah pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek.
  4. Pokok-pokok informasi dalam buku Terampil Budidaya Anggrek adalah sejarah anggrek, tujuan budidaya, faktor pendukung, pemilihan bibit dan kebutuhan unsur hara.
  5. Tulislah laporan membaca buku tersebut!
  6. Anggrek merupakan tanaman yang sudah lama dibudidayakan oleh banyak orang. Tanaman anggrek dibudidayakan karena keindahannya dank arena digunakan sebagai obat dan minyak wangi. Agar budidaya berhasil perlu diperhatikan, pemilihan bibit yang baik dan kebutuhan unsur yang diperlukannya.


EVALUASI

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih A, B, C, D, atau E yang paling tepat!
1. Penggalan kalimat resensi buku nonfiksi terdapat dalam pernyataan ....
A. Buku ini secara keseluruhan memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia pada masa depan dalam lingkungan yang baik-baik.
B. Gaya Mochtar Lubis sangat khas, penggunaan majas perbandingan banyak digunakan di
dalam buku ini.
C. Semua unsur yang harus dimiliki dalam sebuah buku fiksi terpenuhi dalam buku ini.
D. Buku ini mengisahkan seorang guru yang bernama lsa yang hidup pada masa revolusi.
E. Dalam Burung-Burung Manyar pengarang menghubungkan kejadian yang dialami tokoh utamanya Setidewa alias Teto yang ber-aku.

2. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan ..., realita, atau hal-hal yang benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
A. opini
B. fakta
C. pendapat
D. pandangan seseorang
E. kehidupan seseorang

3. Cermati teks berikut dengan saksama!
Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntukkan SMA dan MA Kelas XII Program Studi ilmu alam. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S dan Cecep Anwar H.F.S. Dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain, dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang ....
A. judul buku dan ikhtisar buku
B. identitas buku dan ikhtisar buku
C. identitas buku dan kelebihan buku
D. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
E. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku

4. Cermati teks berikut dengan saksama!
Buku ini mempunyai banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah ...
A. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculannya.
B. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.
C. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi.
D. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
E. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

5. Perhatikan wacana berikut!
Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Babl tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi "Melejitkan potensi diri" tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang
"Budaya Daerah Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang
"Menguasai Ilmu Pengetahuan"Bab VIII membahas tentang "Kegiatan Berkesan". Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.
Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang....
A. judul buku
B. kesimpulan
C. identitas buku
D. ikhtisar isi buku
E. kelebihan dan kekurangan buku

6. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk ....
A. laporan
B. artikel
C. feature
D. novel
E. skripsi

7. Cermati kutipan teks nonfiksi berikut!
(1) Sumber protein yang sangat baik adalah tempe yang berasal dari kedelai yang difermentasi. (2) Dalam tempe terkandung asam amino esensial yang dapat memperbaiki otot, seperti yang terdapat dalam daging. (3) Tempe mempunyai kelebihan, yakni mengandung kalsium, magnesium, dan potasium lebih banyak daripada sumber protein nabati yang lain. (4) Selain itu, karena merupakan produk fermentasi, tempe mengandung bakteri yang bermanfaat bagi usus yang hampir serupa dengan yogurt. (5) Bakteri ini memperbaiki sistem pencernaan dan daya tahan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah
A. tempe mengandung asam amino yang dapat memperbaiki otot.
B. tempe mengandung potasium yang tidak dimiliki nabati lainnya.
C. tempe mengandung banyak kelebihan dibandingkan makanan lain.
D. tempe diolah melalui fermentasi yang sangat baik untuk daya tahan.
E. tempe dan yogurt merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

8. Maksud kalimat no. (2) dalam teks tersebut adalah ...
A. tempe dapat dijadikan sebagai bahan makanan pengganti daging.
B. tempe sumber protein satu-satunya yang dapat memperbaiki otot.
C. asam amino yang terdapat pada tempe hanya terdapat pada daging.
D. tidak perlu mengonsumsi daging, cukup makan tempe sudah cukup.
E. daging dan tempe merupakan makanan yang sama kandungan gizinya.

9. Makna istilah fermentasi dalam teks tersebut adalah ...
A. zat kimia untuk mengawetkan makanan
B. peristiwa biologis yang mengubah fungsi
C. proses kimia yang disebabkan jasad renik
D. mikroorganisme yang menghasilkan energi
E. penguraian jasad renik dengan pembebasan gas

10. Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. sistem pencernaan
B. produk fermentasi
C. bahan dasar tempe
D. kandungan tempe
E. manfaat tempe kedelai


Kunci Jawaban

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
A B C B E A A A C D

Posting Komentar

0 Komentar
Komentar

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Posting Komentar (0)
2/sidebar/Soal 11

#buttons=(Accept !) #days=(360)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda.Pelajari lagi
Terima!
To Top