wendycode

Materi dan Soal Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi dalam Bentuk Eksplanasi Kelas 11 KD 3.10 #KP 2

0

Kegiatan Pembelajaran 2

Menulis Pesan Pribadi dari Butir-Butir Penting Nonfiksi dalam Bentuk Eksplanasi


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ke-2, Kalian diharapkan dapat menuliskan kesan pribadi Kalian terhadap butir-butir penting yang Kalian peroleh dalam bentuk teks eksplanasi singkat. Diharapkan Kalian mempelajari kegiatan ini dengan jujur, penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab dan responsif


Uraian Materi

Pada semester satu Kalian telah mempelajari teks eksplanasi. Tentunya Kalian masih ingat dan telah menguasai materi itu. Pada bagian ini Kalian akan mempraktikkan kompetensi keterampilan Kalian dalam menulis teks eksplanasi.

1. Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan terjadinya suatu proses peristiwa atau fenomena, didalamnya juga terdapat pernyataan yang menjadi sebab-akibat yang menjelaskan timbulnya fenomena tersebut bisa terjadi. Atau bisa didefinisikan juga sebagai teks yang isinya berupa penjelasan secara rinci mengenai berbagai macam objek atau fenomena yang terjadi di sekitar kita. Pada teks eksplanasi biasanya berkaitan dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sosial dan alam.

Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi yang detail kepada orang lain, tentunya informasi tersebut harus mudah dipahami. Lalu isinya harus berupa fakta yang memang benar adanya jadi bukan opini penulis, lebih baik lagi jika fakta tersebut dijelaskan secara ilmiah, jadi teks Eksplanasi berupa karya ilmiah sehingga isinya bisa dipercaya. Maka dengan teks eksplanasi maka penulis dapat memaparkan atau menjelaskan secara lebih panjang kepada para pembaca mengenai suatu objek maupun fenomena yang terjadi.

2. Ciri-ciri Teks Eksplanasi

  • a. Isinya faktual/benar adanya
  • Isi teksnya bersifat benar adanya sesuai dengan kenyataan atau apa adanya, jadi tidak berdasarkan opini penulis.
  • b. Bersifat ilmiah
  • Menjelaskan objek atau peristiwa yang dapat dipelajari menggunakan ilmu pengetahuan atau isinya termasuk karya ilmiah.
  • c. Bersifat informatif
  • Isinya berupa informasi mengenai objek atau fenomena yang diberikan kepada orang lain atau pembaca.
  • d. Temanya Memuat hal umum
  • Sebagian besar pembahasannya memuat fenomena umum, sosial dan objek lain, lalu dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti.
  • e. Terdapat Sequence Markers atau penyampaian urutan, misalnya kesatu, kedua, ketiga, dan sebagainya.

3. Struktur Teks Eksplannasi

  • a. Pernyataan Umum yaitu berisi pernyataan umum mengenai suatu topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya atau suatu proses keberadaan.
  • b. Sebab Akibat yaitu berisi mengenai detail penjelasan suatu proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • c. Interpretasi yaitu berisi tentang kesimpulan mengenai suatu topik yang telah dijelaskan.

4. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  • a. Pembahasan topik jauh lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum (generik), bukan partisipan manusia. Contohnya saja gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan lain-lain.
  • b. Menggunakan istilah-istilah yang ilmiah
  • c. Menggunakan kalimat pasif
  • d. Sering memakai kata verba material dan verba relasional (kata kerja aktif)
  • e. Menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Contoh sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.

5. Contoh Teks Eksplanasi

Putus Sekolah

Kasus putus sekolah merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek kependidikan yang menjadi masalah di masyarakat atau kalangan pelajar. Seperti sebuah penyakit yang menyerang kronik segi kehidupan masyarakat. Sudah banyak tindakan yang dilakukan dalam penanganan masalah ini, tetapi belum juga tuntas. Di Indonesia sendiri kasus putus sekolah mencapai angka yang cukup tinggi. Khususnya di daerah daerah yang terpencil.

Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya putus sekolah. Putus sekolah biasanya terjadi karena faktor ekonomi orang tua. Kurangnya ekonomi orang tua yang dikarenakan tidak adanya penghasilan tetap atau tidak adanya pekerjaan menyebabkan anak menjadi tidak punya biaya untuk sekolah dan mereka terpaksa ikut bekerja membantu orang tua mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan.

Faktor lain yang menyebabkan putus sekolah antara lain, faktor internal, dari dalam diri anak sendiri tidak punya semangat untuk mengenyam pendidikan, malas ke sekolah karena minder sehingga tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, sering di bully karena tidak mampu membayar biaya sekolah sehingga membuat psikologis anak menjadi terganggu. Faktor eksternal, yaitu keluarga dan lingkungan. Keluarga merupakan aspek terpenting dalam mendukung tumbuhnya psikologis anak. Kurangnya perhatian orang tua membuat anak menjadi urakan dan nakal. Selain itu lingkungan dan pergaulan yang terlalu ‘bebas’ membuat anak menjadi ikut ikutan tidak aturan. Kenakalan remaja paling utama memang disebabkan oleh orang tua atau keluarga.

Akibat terjadinya putus sekolah, menimbulkan berbagai persoalan sosial bagi yang mengalaminya. Anak putus sekolah sering melakukan tindak kriminal yang tidak jarang membuat masyarakat resah. Mencuri, merampok, dan mencopet menjadi kebiasaan sehari hari. Selain itu, bertambahnya pengangguran akibat putus sekolah menyebabkan kekacauan sosial karena pengemis dan gelandangan meningkat pesat.

Dari uraian di atas, maka sudah jelas bahwa kasus putus sekolah dapat dikatakan masalah serius yang harus segera ditangani. Sebab masa depan bangsa dan negara berada di tangan pemuda, para pelajar. Pemerintah diharapkan lebih tegas lagi dalam menyikapi masalah ini. Begitu pun dengan orang tua serta para tenaga pendidikan, harus bisa memberikan motivasi belajar dan pengawasan pada anak anak.


Rangkuman

  1. Pengertian teks eksplanasi
  2. Teks Eksplanasi adalah teks yang isinya menjelaskan terjadinya suatu proses peristiwa atau fenomena, didalamnya juga terdapat pernyataan yang menjadi sebab-akibat yang menjelaskan timbulnya fenomena tersebut bisa terjadi.
  3. Ciri-ciri Teks Eksplanasi
  4. a. Isinya Faktual/Benar adanya
    b. Bersifat Ilmiah
    c. Bersifat informatif
    d. Temannya Memuat hal umum
    e. Terdapat Sequence Markers
  5. Struktur Teks Eksplanasi
  6. a. Pernyataan Umum
    b. Sebab Akibat
    c. Interpretasi
  7. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
  8. a. Pembahasan topik jauh lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum (generik), bukan partisipan manusia. Contohnya saja gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan lain-lain.
    b. Menggunakan istilah-istilah yang ilmiah
    c. Menggunakan kalimat pasif
    d. Sering memakai kata verba material dan verba relasional (kata kerja aktif)
    e. Menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Contoh sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.


Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut !
  1. Sebutkan ciri-ciri teks eksplanasi!
  2. Cermati penggalan isi teks ilmiah berikut!
Pemanaan global adalah hal serius yang harus segera ditangani. Masalah ini akan menimbulkan berbagai dampak apabila terus berkembang. Salah satu dampak yang dihasilkan dari pemanasan global ini adalah adanya kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Adanya peningkatan suhu, cuaca ekstrim, dan minimnya suplai air membuat beberapa daerah kekurangan air yang mengakibatkan kekeringan. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pemanasan global, dampaknya khususnya dalam kekeringan, dan bagaimana upaya-upaya untuk menangani masalah global itu sendiri.

Metode yang digunakan dalam makalah ini adalah studi literatur menggunakan sejumlah jurnal ilmiah yang temanya sesuai dengan tema makalah yang diangkat. Selain jurnal, penulis juga menggunakan web untuk sumber yang digunakan. kata kunci: perubahan iklim, pemanasan, cuaca, suhu, air.

Soal
Temukan kata istilah ilmiah dan kata kerja material pada penggalan teks tersebut !

Kunci jawaban

Ciri–ciri teks eksplanasi
  • a. Isinya faktual/benar adanya 
  • Isi teksnya bersifat benar adanya sesuai dengan kenyataan atau apa adanya, jadi tidak berdasarkan opini penulis.
  • b. Bersifat ilmiah
  • Menjelaskan objek atau peristiwa yang dapat dipelajari menggunakan ilmu pengetahuan atau isinya termasuk karya ilmiah.
  • c. Bersifat informatif
  • Isinya berupa informasi mengenai objek atau fenomena yang diberikan kepada orang lain atau pembaca.
  • d. Temanya Memuat hal umum
  • Sebagian besar pembahasannya memuat fenomena umum, sosial dan objek lain, lalu dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dimengerti.
  • e. Terdapat Sequence Markers atau penyampaian urutan, misalnya kesatu, kedua, ketiga, dan sebagainya.

Kaidah kebahasaan
a. Kata istilah 
  • Global 
  • Studi literatur
b. Kata kerja mental 
  • Menimbulkan
  • Mengakibatkan
  • menggunakan


EVALUASI

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang Kalian anggap benar!
1. Cermati penggalan isi buku berikut!
Pemberantasan narkoba sudah saatnya menyentuh dunia pendidikan. Peredaran permen lolipop yang mengandung narkoba di kalangan pelajar sebagai modus baru sungguh memprihatinkan. Banyak bandar dan pengedar mengincar sekolah sebagai ajang peredaran narkoba di segmen usia muda. Peredaran narkoba dengan cara ini tentu harus diantisipasi. Segmen pelajar menjadi sasaran baru modus peredaran narkoba karena mudah terjangkau dan pasar yang menggiurkan.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
A. Kemudahan mendapatkan narkoba
B. Peredaran narkoba di kalangan pelajar
C. Harga narkoba yang terjangkau pelajar
D. Pemberantasan narkoba di dunia pendidikan
E. Modus baru peredaran narkoba

2. Cermati paragraf berikut!
1) Selama ini, pemerintah banyak mengalokasikan dana untuk kemajuan pendidikan. 2) Diharapkan, kemajuan pendidikan itu diharapkan bisa menyentuh seluruh masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. 3) Pemerintah harus memperhatikan kebutuhan pendidikan terutama bagi siswa yang berada di daerah yang tertinggal. 4) Semoga keterpurukan pendidikan di beberapa daerah tidak terdengar lagi oleh kita semua.
Kalimat yang merupakan fakta ditandai dengan nomor . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 2

3. Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah . . . .
A. Disinyalir masyarakat pendemo itu kurang memperoleh sosialisasi dari pemerintah.
B. Berdasarkan rilis BMKG kelas I Juanda, kondisi berawan masih akan menghiasi Surabaya.
C. Terhambatnya penurunan tinggi air di ruas jalan Tenggilis kemungkinan disebabkan oleh tersumbatnya air.
D. Aksi blokir di jalan tol Pondok Aren Jakarta kembali terjadi.
E. Saya berharap pembangunan jalan kereta Jakarta – Bandung dapat dipercepat.

4. Cermati paragraf berikut!
(1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (2) dan (4)

5. Cermati paragraf berikut!
Sebagai bagian dari kepribadian, menurut Sukarni Catur Utami Munandar (1985), Seorang guru besar psikologi dari Universitas Indonesia, mengungkapkan bahwa orang yang mampu berpikir kreatif memiliki dua unsur pendukung yakni aspek kognisi dan aspek afeksi.
Kutipan isi buku di atas termasuk:
A. fakta
B. opini
C. harapan
D. pengetahuan
E. ajakan

6. Bacalah teks di bawah ini dengan seksama untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!
Tawuran adalah suatu proses saling menyerang atau berkelahi yang dilakukan secara berkelompok dan terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain karena ada suatu permasalahan. tawuran tidak mengenal usia. Pihak-pihak yang terlibat tawuran bias remaja, dewasa, bahkan anak-anak di bawah umur. Tawuran yang paling umum terjadi adalah merupakan tawuran antarpelajar.
Informasi apa yang diinformasikan dalam paragraf tersebut?
A. Tawuran sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia.
B. Tawuran mengganggu pengguna jalan yang melintas.
C. Tawuran disebabkan perilaku remaja yang tidak patuh aturan.
D. Tawuran dapat dilakukan oleh remaja, dewasa, bahkan anak-anak.
E. Tawuran pelajar dapat diatasi dengan kerja sama sekolah dan orang tua.

7. Cermati penggalan teks eksplanasi berikut!
Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia karena Sepanjang sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil ataupun korban jiwa.Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup tak terkecuali manusia.Selanjutnya hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari ...
A. kronologis (urutan peristiwa)
B. pernyataan umum
C. asal mula peristiwa
D. sebab atau akibat
E. pernyataan umum

8. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari sebuah teks eksplanasi adalah ...
A. kesimpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
B. konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
C. pernyataan tentang topik yang sedang dibahas
D. informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topik
E. generalisasi tentang topik yang sedang dibahas

9. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah ....
A. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi
B. pernyataan umum, interpretasi, koda
C. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
D. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas
E. interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum

10. Cermati paragraf berikut!
(1)Remaja merupakan generasi yang paling rentan terhadap tindak kejahatan. (2)Pada masa itu, mereka masih belajar untuk menemukan jati diri. (3)Jika tidak berhasil melewatinya maka kenakalan tidak bisa dihindari. (4)Baru-baru ini yang sering terjadi adalah tindak asusila yang tidak memandang tempat, seperti di tempat ibadah atau fasilitas umum. (5)Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan dari pihak yang seharusnya bertanggung jawab.
Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban
1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. D
7. D
8. B
9. C
10. E

Posting Komentar

0 Komentar
Komentar

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Posting Komentar (0)
2/sidebar/Soal 11

#buttons=(Accept !) #days=(360)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda.Pelajari lagi
Terima!
To Top