wendycode

Materi dan Soal Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual dalam Ceramah Kelas 11 SMA KD 3.5 #KP 2

0

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian diharapkan dapat menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah dengan teliti, terampil, dan semangat.

Uraian Materi

Pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah. Kegiatan pembelajaran 2 ini, merupakan Langkah selanjutnya dari menganalisis teks ceramah.

1. Menelaah Bagian Penting dan Permasalahan yang Aktual

Kalian pasti telah mengerjakan latihan soal pada kegiatan pembelajaran 1, mari kita bahas pada kegiatan pembelajaran 2 untuk mencari bagian-bagian penting dari teks ceramah tersebut.

Bagian-Bagian Penting
  1. Globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita
  2. Berbagai bidang yang telah merasakan pengaruh globalisasi, di antaranya, transportasi, telekomunikasi, olahraga, dan kuliner serta budaya.
  3. Kita dapat mengambil nilai-nilai positif dari pengaruh globalisasi tersebut.
  4. Di Bidang kuliner, maraknya makanan-makanan dari luar negeri yang sangat digemari oleh kalangan kaum muda.
  5. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fesyen. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat.

Informasi penting dalam sebuah teks dapat digali dengan sejumlah pertanyaan untuk mengetahui permasalahan aktual yang disampaikan melalui sebuah gagasan yang didukung dengan argumentasi yang logis. Argumentasi tersebut, bisa saja berupa pendapat penulis sesuai dengan sudut pandangnya, bisa juga berupa fakta langsung, baik yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif.

Itulah bagian-bagian penting dalam sebuah teks ceramah yang harus kalian telaah melalui kegiatan pembelajaran ini. Adapun bagian penting dari sebuah teks ceramah adalah permasalahan atau pandangan umum, argumentasi berupa pendapat dan fakta, serta saran atau rekomendasi. Untuk memahami ketiga bagian penting teks ceramah, perhatikan uraian berikut ini!

a. Permasalahan

Ketika akan memulai sebuah ceramah, hal utama yang harus dipersiapkan adalah permasalahan yang dijadikan topik pembicaraan. Untuk dapat mengidentifikasi permasalahan ataupun pandangan umum penulis terhadap suatu permasalahan, kalian dapat melihatnya pada bagian awal teks tersebut. Biasanya, penulis akan memaparkan informasi yang menjadi titik utama permasalahannya.

b. Argumentasi

Agar permasalahan yang disampaikan tidak melebar dan/ atau menimbulkan kesalahpahaman bagi pendengar/pembaca, penulis akan berusaha mengajukan argumen yang logis. Argumen tersebut tentu saja bisa berupa pendapat dan fakta.
  1. Pendapat
  2. Pendapat atau opini merupakan buah pemikiran penulis mengenai suatu permasalahan atau hal yang diperbincangkan dalam teks ceramah tersebut.
  3. Fakta
  4. Fakta-fakta yang disajikan penulis atau penceramah bisa berupa kutipan dari tokoh, instansi, ataupun lembaga yang kompetensinya sesuai dengan permasalahan yang dikupas.
  5. Saran
  6. Sebagai penutup, penulis umumnya memberikan penegasan atas pernyataan- pernyataan yang telah dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini, penulis dapat memberikan saran atau rekomendasi, baik berupa ajakan maupun nasihat untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan.

2. Merancang Bagian-bagian Penting dari Permasalahan Aktual

Mengonstruksi informasi dalam teks ceramah dapat dilakukan dengan menceritakan kembali atau memberi tanggapan teks tersebut. Salah satu bentuk tanggapan yang dapat kita lakukan adalah komentar. Pada bagian sebelumnya, kita telah mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam teks ceramah. Dengan informasi yang sudah didapatkan, kita dapat memberi komentar. Dengan memberi komentar secara tidak langsung kita telah mengonstruksi (membangun kembali) informasi dalam teks tersebut karena komentar tentu berlandaskan informasi. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi komentar, yaitu bentuk, isi, dan cara menyampaikannya. Mari kita bahas satu per satu.

1. Mengenali Konteks

Mengenali konteks berarti mengenal peserta ceramah dan situasinya. Isu atau topik yang disampaikan tentu akan berbeda jika audiensinya berbeda pula. Sebagai contoh, topik untuk siswa akan berbeda dengan topik untuk orang dewasa. Demikian pula dengan situasinya. Gaya ceramah yang akan disampaikan tentu akan berbeda antara gaya berceramah dalam situasi resmi dan suasana santai.

2. Menentukan Topik

Penentuan isu ceramah tersebut sebaiknya mempertimbangkan:
  • a. sesuai dengan latar belakang dan pengetahuan pendengar,
  • b. menarik minat,
  • c. ruang lingkup jelas dan spesifik, dan
  • d. sesuai dengan waktu dan situasi.

3. Menentukan Topik

Pada hakikatnya, ceramah berfungsi menambah pengetahuan pendengar. Sebagai contoh, ceramah tentang pemanfaatan waktu yang efektif, peranan pelajar pada era global, atau isu aktual lainnya.

4. Menyusun Kerangka Ceramah

Kerangka ceramah memuat pokok-pokok materi yang akan diceramahkan. Kerangka akan memudahkan kita dalam menyusun ceramah. Ceramah menjadi lebih sistematis, pengulangan pembahasan dapat dihindari, serta pengumpulan data dan sumber-sumber menjadi lebih terukur. 
Adapun kerangka ceramah yang baik memiliki ciri-ciri berikut.
  • a. Meliputi tiga bagian pokok, yakni pengenalan isu, rangkaian argumen, dan penegasan kembali.
  • b. Mengungkapkan maksud yang jelas.
  • c. Setiap bagian dalam kerangka hanya mengandung satu gagasan.
  • d. Bagian-bagian dalam kerangka karangan harus tersusun secara logis.

5. Mengumpulkan dan Memilih Bahan

Pengumpulan bahan dapat dilakukan dari sumber-sumber berikut:
  • a. surat kabar atau buku yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan.
  • b. contoh teks ceramah,
  • c. istilah istilah populer, cerita, atau humor-humor yang relevan.

Adapun pemilihan materi dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  • a. pilihlah materi yang aktual (sedang hangat diperbincangkan),
  • b. pisahkan materi pokok dengan materi penunjang, dan
  • c. usahakan materi padat sehingga ceramah tidak terlalu lama dan membosankan.

Rangkuman

  1. Bagian penting dari sebuah teks ceramah adalah permasalahan atau pandangan umum, argumentasi berupa pendapat dan fakta, serta saran atau rekomendasi.
  2. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memberi komentar pada teks ceramah, yaitu bentuk, isi, dan cara menyampaikannya .
  3. Pokok-pokok ceramah berarti hal atau masalah yang menjadi pusat pembicaraan dalam suatu ceramah.
  4. Langkah-langkah merancang bagian-bagian penting dalam permasalahan faktual
  5. a. Mengenali konteks
    b. Menentukan topik
    c. Merumus tujuan ceramah
    d. Menyusun kerangka ceramah
    e. Mengumpulkan dan memilih bahan

Penugasan Mandiri

Bacalah dengan saksama teks ceramah berjudul Moral remaja Masa Kini. Kalian boleh berdiskusi bersama teman-teman menandai bagian-bagian informasi aktual yang penting dari teks tersebut. Lalu buatlah kesimpulan teks tersebut secara keseluruhan dengan menggunakan tabel di bawah ini.



Moral Remaja Masa Kini

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya memberikan ceramah dengan tema tentang rusaknya moral remaja masa kini.

Belakangan ini ramai diperbincangkan di televisi, surat kabar, jejaring sosial di internet, serta berbagai media yang lain mengenai moral remaja masa kini. Ada begitu banyak permasalahan yang terjadi pada lingkungan remaja saat ini. Hal-hal tersebut yang membuat sebagian besar para orang tua mengelus dada dan tidak habis pikir mengapa terjadi penurunan moral remaja masa kini. Coba kita lihat kasus-kasus pemakaian narkoba, tawuran, pencurian, bahkan pembunuhan dilakukan oleh kaum remaja. Tidak sedikit diantara mereka yang mempunyai tingkat pendidikan yang baik, berasal dari keluarga yang berkecukupan, bahkan tidak sedikit diantara mereka merupakan publik figur yang diidolakan oleh banyak remaja lainnya.

Dari banyak kasus yang terjadi, sebagian besar dari pelaku mengaku bahwa mereka menyesal atas apa yang telah mereka lakukan. Penyebab rusaknya moral remaja saat ini cenderung disebabkan oleh pembentukan mental serta karakter yang kosong, dimana para remaja tersebut tidak mempunyai pegangan dalam menjalankan hidup.

Tidak adanya landasan agama yang kuat serta bimbingan dan kasih sayang dari orang tua juga disinyalir sebagai pokok permasalahan ini. Para orang tua yang sibuk bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya dimana kita juga tahu bahwa tuntutan kebutuhan sudah sangat tinggi ditambah dengan minimnya pendidikan agama yang diberikan kepada anak telah menciptakan generasi muda yang rapuh, emosional, dan cenderung anarkis.

Kondisi seperti ini harus segera diatasi demi kebaikan kita bersama. Karena generasi muda merupakan tulang punggung bangsa, calon pemimpin dimasa depan, dan para generasi muda lah yang akan membawa negara ini ke arah yang lebih baik. Bila generasi muda tidak bisa diharapkan lagi, bisa dibayangkan akan menjadi apa bangsa dan negara kita tercinta ini.

Peranan orang tua dalam membina, mendidik, serta membentuk karakter para remaja sangatlah dominan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Ini berarti bahwa orang tua harus bisa memberikan pengertian serta berperan sebagai pengayom anak-anak mereka sehingga para anak merasa nyaman dan terlindungi. Bila hal ini telah terjadi, anak tidak akan mencari tempat yang mereka anggap nyaman di luar rumah. Karena bisa jadi tempat yang mereka anggap nyaman tersebut merupakan pergaulan yang salah sehingga bisa mempengaruhi karakter dan mental anak di masa yang akan datang. Selain itu, berikanlah pendidikan agama sedini mungkin sejak masih usia kanak-kanak. Pendidikan agama merupakan pondasi utama yang bisa dijadikan pegangan dalam melakukan semua hal. Menciptakan rasa takut kepada Tuhan merupakan hal yang sangat penting karena bila remaja sudah tidak mempunyai rasa takut kepada Tuhan, apapun yang mereka lakukan sudah pasti akan menyimpang dari norma dan kaidah yang berlaku di masyarakat.

Kita tidak boleh berhenti untuk tetap berusaha menyelamatkan mental dan moral para generasi muda kita. Dengan memberikan fondasi agama yang kuat serta memberikan kasih sayang kepada para generasi muda, bisa dipastikan tidak akan terjadi lagi penurunan moral para remaja sehingga kita akan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik, dapat hidup dengan lebih nyaman, serta terjaminnya masa depan negara tercinta ini.

Demikian ceramah dari saya, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kita
semua.
Terima kasih, wassalamualaikum wrwb.

Kunci Jawaban


Bagian-bagian Penting Skor
  1. Terjadinya penurunan moral remaja masa kini mulai patut dikhawatirkan.
  2. Penyebab rusaknya moral remaja saat ini cenderung disebabkan oleh kurang baiknya pembentukan mental serta karakter remaja terutama dari segi keagamaan.
  3. Kerusakan moral remaja harus segera ditanggulangi demi masa depan bangsa. 2
  4. Orangtua harus memiliki pemahaman yang baik tentang perannya dalam mendidik karakter anak dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini.
  5. Remaja harus diberikan fondasi pemahaman agama yang kuat agar dapat membentengi diri dari kerusakan moral.

Simpulan:
Penurunan atau rusaknya moral remaja masa kini perlu segera ditanggulangi dengan pendidikan karakter sejak dini yang berpondasikan ajaran agama oleh orang tua.


Latihan Soal

Cermati infografis berikut!

Bersiap New Normal: Yang Harus Selalu Ada dan Harus Dibawa


  1. Susunlah informasi penting berdasarkan infografis yang disajikan!
  2. Tentukan sebuah topik ceramah berdasarkan informasi penting yang Kalian temukan!
  3. Jadikan informasi-informasi tersebut untuk membuat kerangka ceramah yang mendukung topik!


EVALUASI

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1. Jenis ceramah yang bertujuan untuk membujuk atau memengaruhi orang lain agar mau menerima ajakan yang disarankan secara sukarela adalah ceramah ....
A. informatif
B. persuasif
C. rekreatif
D. komunikatif
E. edukatif

2. Cermati kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas “Perlunya Keseimbangan antara Kebutuhan Jasmani dan Rohani.” (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduanya terpisah, seseorang tidak dapat dikatakan hidup.

(3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri, yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani, yaitu spiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.
Isu atau pengenalan masalah dalam kutipan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor
....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

3. Kalimat persuasif dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

4. Cermati teks berikut!
Kepala SMA Indonesia Belajar mendapat kehormatan untuk membuka acara lomba pentas seni antarsekolah se-Kabupaten Sabang. Saat membuka acara tersebut, kepala sekolah menyampaikan sambutan,
Kalimat pembuka sambutan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Tujuan pelaksanaan lomba pentas ini untuk memeriahkan pekan olahraga dan seni di Kabupaten Sabang, Selain itu, untuk memacu siswa dalam menekuni olahraga dan karya seni
B. Melalui lomba olahraga dan seni diharapkan pelajar lebih menyukai dan menekuni olahraga dan seni. Olahraga dan seni merupakan bidang yang dekat dengan pelajar.
C. Marilah kita panjatkan kepada Tuhan, atas rahmat dan hidayahNya, kita semua yang hadir di sini dapat berkumpul. Saya ucapkan selamat datang atas partisipasi kalian semua untuk memeriahkan acara pekan olahraga dan seni di Kabupaten Sabang tercinta ini
D. Sedikit yang dapat saya sampaikan, saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran anak-anak, bapak/ibu guru, serta pihak-pihak yang terlibat dalam acara ini.
E. Olahraga dan seni merupakan kedua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak-anak. Oleh karena itu, marilah kita dukung kegiatan anak-anak ini apalagi kegiatan ini sangat berkaitan erat dengan kebudayaan lokal kita.

5. Cermati kutipan berikut!
Hadirin yang terhormat dan adik-adikku tercinta,
Usia remaja adalah usia yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan masa depan kalian. Pada usia remaja kita harus benar-benar hati-hati dalam memilih pergaulan dan pendidikan. Jangan sampai usia remaja kita terbuang begitu saja tanpa makna. Banyak faktor yang mempengaruhi remaja dalam pencapaian karakter mereka saat usia dewasa, biasanya faktor ini disebabkan oleh lingkungan atau masyarakat dan juga arah pergaulan mereka. Oleh karena itu, jika kita menginginkan kehidupan kita yang terbaik untuk masa depan adalah menggunakan waktu remaja kita dengan belajar dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.
Solusi yang hendak disampaikan dari permasalahan tersebut adalah ....
A. Pandai-pandailah dalam bergaul dengan lingkungan dan masyarakat.
B. Jangan sampai waktu kita terbuang dengan percuma dan tanpa makna.
C. Memilih pergaulan dan pendidikan yang sesuai dengan karakter yang dimiliki.
D. Belajarlah dan jangan sampai perkembangan masa depan terpengaruh lingkungan.
E. Gunakan waktu remaja kita dengan belajar dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

6. Bacalah teks berikut!
Hadirin yang saya hormati.
Assalamualaikum wrwb.
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
Topik pidato tersebut adalah ....
B. Peringatan Sumpah Pemuda
C. Mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
D. Merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
E. Pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
F. Bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu

7. Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!
(1) Globalisasi berarti proses yang mendunia. (2) Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. (2) Misalnya, di bidang transportasi. (4) Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan yang bermotor, seperti mobil. (5) padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun.
Kalimat fakta dalam kutipan ceramah di atas ditunjukkan pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

8. Kutipan ceramah tersebut termasuk ke dalam bagian ....
A. Pengenalan isu
B. argumentasi
C. saran
D. rekomendasi
E. penutup

9. Cermati kutipan berikut berikut!
(1)Hadirin yang berbahagia (2) Seperti kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas tersendiri, yaitu teluknya yang indah. (3) Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. (4) Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru biru (blue coral). (5) Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya kita jaga dan dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.
Kutipan ceramah tersebut menjelaskan ....
A. Pelestarian dan mengembangkan Pantai Senggigi.
B. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
C. Pantai Senggigi merupakan aset wisata Pulau Lombok.
D. Keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan Pantai Senggigi.
E. Prospek pengembangan objek wisata Pantai Senggigi di Pulau Lombok.

10. Cermati kutipan teks berikut!
Indonesia modern tetap membutuhkan kehadiran pahlawan bangsa. Namun, pahlawan yang tidak lagi berperang dengan bambu runcing. Bukan lagi pahlawan yang siap mati untuk sebuah ideologi perjuangan. Akan tetapi, pahlawan yang berikhtiar membawa Indonesia keluar dari keterpurukan dan meningkatkan martabat bangsa. Itulah pahlawan-pahlawan masa depan. Pahlawan yang dinanti-nantikan.
Informasi penting yang disampaikan pada kutipan ceramah tersebut adalah ....
A. Indonesia modern membutuhkan kehadiran pahlawan yang meningkatkan martabat bangsa.
B. Indonesia modern membutuhkan pahlawan-pahlawan yang siap untuk sebuah ideologi perjuangan.
C. Pahlawan yang berikhtiar membawa Indonesia keluar dari keterpurukkan dibutuhkan Indonesia modern.
D. Pahlawan-pahlawan masa depan adalah para generasi penerus yang saat ini sedang sibuk belajar.
E. Indonesia modern merindukan pahlawan yang dapat mengatasi segala permasalahan bangsa.

Kunci Jawaban Soal Evaluasi

1. B
2. A
3. E
4. C
5. E
6. D
7. D
8. B
9. C
10. A

Posting Komentar

0 Komentar
Komentar

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Posting Komentar (0)
2/sidebar/Soal 11

#buttons=(Accept !) #days=(360)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda.Pelajari lagi
Terima!
To Top