Surat lamaran pekerjaan merupakan suatu jenis surat pribadi bersifat kedinasan/resmi yang diajukan seseorang kepada perusahaan atau instansi agar bisa diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk jenis surat dinas karena merupakan surat yang sifatnya resmi. Surat lamaran pekerjaan ini menjadi salah satu syarat bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau bagi pelamar kerja yang ingin bekerja di suatu perusahaan atau instansi yang menawarkan lowongan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan pula jika surat lamaran pekerjaan adalah suatu surat yang berasal dari seseorang yang berhubungan dengan pengajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan lowongan atau posisi yang ditawarkan. Mengutip dari Kemdikbud RI, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan atau membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Sedangkan dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh seorang pencari kerja atau pelamar pekerjaan untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar bisa mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang sedang tersedia. Ketika melamar pekerjaan seorang pelamar harus menjelaskan potensi dirinya secara jelas dan persuasif agar orang yang akan memberikan pekerjaan atau jabatan dapat mempertimbangkan lamaran seorang pelamar tersebut dan jika potensi pelamar sesuai dengan yang diharapkan maka akan diterima pada pekerjaan atau jabatan tersebut. Selain itu pengajuan lamaran juga hendaknya jelas dan bersifat meyakinkan agar perusahaan yang dituju bisa paham dan yakin terhadap diri kita dan bisa memberikan pekerjaan atau jabatan pada kita. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya dilengkapi dengan riwayat hidup atau CV yang berisi:
Data pribadi
Riwayat pendidikan
Pengalaman bekerja
Pengalaman organisasi serta jabatan yang pernah diemban
Pengalaman kepanitiaan serta jobdescription-nya
Seminar, pelatihan, dan kursus yang pernah diikuti
Kemampuan atau Skill
Tentukan pernyataan-pernyataan berikut benar atau salah.
Jawaban: Pernyataan yang mengatakan bahwa "Surat lamaran kerja termasuk jenis surat dinas" adalah BENAR, karena surat lamaran kerja merupakan jenis surat yang bersifat resmi.
Jawaban: Pernyataan yang mengatakan bahwa "Isi surat lamaran pekerjaan bersifat resmi" adalah BENAR, karena surat lamaran pekerjaan merupakan suatu jenis surat pribadi bersifat kedinasan/resmi yang diajukan seseorang kepada perusahaan atau instansi agar bisa diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu.
Jawaban:
Pernyataan yang mengatakan bahwa "Pelamar harus menjelaskan potensi dirinya secara jelas dan persuasif" adalah BENAR, karena potensi yang dimiliki seorang pelamar menjadi salah satu pertimbangan agar bisa diterima pada pekerjaan atau jabatan tersebut.
Jawaban:
Pernyataan yang mengatakan bahwa "Pengajuan lamaran hendaknya jelas dan bersifat meyakinkan" adalah BENAR, hal ini harus dilakukan agar perusahaan yang dituju bisa paham dan yakin terhadap diri kita dan bisa memberikan pekerjaan atau jabatan pada kita.
Jawaban:
Pernyataan yang mengatakan bahwa "Riwayat hidup dalam surat lamaran kerja berisi cerita tentang kehidupan dari pelamar" adalah SALAH, karena riwayat hidup dalam surat lamaran pekerjaan berisi diantaranya yaitu:
Data pribadi
Riwayat pendidikan
Pengalaman bekerja
Pengalaman organisasi serta jabatan yang pernah diemban
Pengalaman kepanitiaan serta jobdescription-nya
Seminar, pelatihan, dan kursus yang pernah diikuti
Kemampuan atau Skill
Materi Surat Lamaran Pekerjaan 2
Surat lamaran pekerjaan merupakan suatu jenis surat pribadi bersifat kedinasan/resmi yang diajukan seseorang kepada perusahaan atau instansi agar bisa diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk jenis surat dinas karena merupakan surat yang sifatnya resmi. Surat lamaran pekerjaan ini sangat penting karena menjadi salah satu syarat bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau bagi pelamar kerja yang ingin bekerja di suatu perusahaan atau instansi yang menawarkan lowongan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan pula jika surat lamaran pekerjaan adalah suatu surat yang berasal dari seseorang yang berhubungan dengan pengajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan lowongan atau posisi yang ditawarkan. Mengutip dari Kemdikbud RI, surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan atau membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Sedangkan dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh seorang pencari kerja atau pelamar pekerjaan untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar bisa mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang sedang tersedia. Surat lamaran pekerjaan bersifat resmi/formal karena digunakan seseorang untuk mendaftarkan diri atau melakukan pengajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan lowongan atau posisi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Hal yang harus dinyatakan di dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:
Data diri kamu seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor HP, alamat email, nomor identitas diri seperti nomor KTP, dan lain-lain.
Riwayat pendidikan yang telah ditempuh.
Pengalaman bekerja di perusahaan mana saja, termasuk lama bekerja dan posisi di perusahaan tersebut.
Kemampuan atau skill tambahan seperti misalnya bahasa asing yang dikuasai, kemampuan dalam mengoperasikan komputer, atau hal lain yang pernah diikuti.
Pengalaman berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambahan bagi seorang pelamar.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
Jawaban
Surat lamaran kerja merupakan suatu jenis surat pribadi bersifat kedinasan/resmi yang diajukan seseorang kepada perusahaan atau instansi agar bisa diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi jabatan tertentu.
Jawaban:
Surat lamaran pekerjaan sangat penting karena menjadi salah satu syarat bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau bagi pelamar kerja yang ingin bekerja di suatu perusahaan atau instansi yang menawarkan lowongan pekerjaan.
Jawaban:
Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang bersifat formal karena digunakan seseorang untuk mendaftarkan diri atau melakukan pengajuan untuk mengisi suatu pekerjaan sesuai dengan lowongan atau posisi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Jawaban:
Hal yang harus dinyatakan di dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut:
Data diri kamu seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor HP, alamat email, nomor identitas diri seperti nomor KTP, dan lain-lain.
Riwayat pendidikan yang telah ditempuh.
Pengalaman bekerja di perusahaan mana saja, termasuk lama bekerja dan posisi di perusahaan tersebut.
Kemampuan atau skill tambahan seperti misalnya bahasa asing yang dikuasai, kemampuan dalam mengoperasikan komputer, atau hal lain yang pernah diikuti.
Pengalaman berorganisasi juga bisa menjadi nilai tambahan bagi seorang pelamar.
Jawaban:
Data diri yang harus diungkapkan di dalam surat lamaran pekerjaan adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor HP, alamat email, nomor identitas diri seperti nomor KTP, dan lain-lain.