wendycode

Materi dan Soal Pokok-Pokok Isi Teks Anekdot Kelas 10 SMA KD 3.5 #KP 1

0

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas  : X
Alokasi Waktu  : 4 JP 2 X Pertemuan
Judul Modul  : Makna Tersirat dalam Teks Anekdot

Kompetensi Dasar

3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis.


Deskripsi Singkat Materi

Hidup di dunia pasti banyak mengalami peristiwa kadang menyenangkan, menyedihkan, menyeramkan, dan menggelikan. Peristiwa tersebut membuat kita ketakutan, sedih, atau pun tertawa terbahak-bahak. Namun, dibalik peristiwa tersebut pasti ada makna yang tersirat, yang kadang dapat dijadikan untuk introspeksi diri.

Pun demikian dalam pembahasan di modul ini, teks anekdot akan membahas cerita lucu yang dapat dijadikan sebagai bahan sindiran yang didalamnya terkandung makna tersirat, yang secara rinci akan dibahas secara jelas sesuai dengan tujuannya yang mengarah pada aspek-aspek yang sudah dipaparkan sebelumnya. Untuk itu, mari kita pelajari bersama-sama.


Materi Pembelajaran

Pertama : Struktur Anekdot
Kedua : Kebahasaan Anekdot

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Pokok-Pokok Isi Teks Anekdot

Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian mampu mendata pokok-pokok isi anekdot atau gambar yang disajikan dan mengontsruksi makna tersirat dari teks anekdot dengan semangat, kritis dan cermat.



Uraian Materi

1. Mendata Pokok- Pokok Isi Teks Anekdot

Teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Tetapi, ada makna yang tersirat yang terkandung dalam teks tersebut.

Makna teks anekdot membawa fungsi sosial yang bertujuan mengkritik atau menyindir. Kritik dan sindiran tersebut diperoleh dari realita sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Hal tersebut disampaikan melalui lelucon sehingga tidak terkesan menghakimi atau menyudutkan pihak tertentu sehingga dapat disimpulkan terdapat beberapa ciri-ciri teks anekdot.

Cerita dikemas dalam bentuk lelucon, berisi kritik atau sindiran, melibatkan tokoh-tokoh yang dikenal oleh masyarakat. Berbentuk narasi singkat yang mengandung tokoh, alur, dan latar.(tim edukatif erlangga) Anekdot dapat juga diungkapkan dalam bentuk gambar atau ilustrasi, biasanya dapat kita temukan di media cetak berupa komik atau di media elektronik berupa meme.

2. Mengonstruksi Makna Tersirat dalam Teks Anekdot

Mengonstruksi berasal dari kata dasar konstruksi yang menurut KBBI salah satunya bermakna susunan. Maka apabila sama- sama mendapat awalan meng- maka menjadi menyusun.

Dalam menyusun atau mengonstruksi kita harus menentukan topik, sasaran , dan unsur kelucuan dalam anekdot serta menyimpulkan makna dan pesan tersirat di dalamnya. Makna tersirat dianalisis dan diuraikan berdasarkan fakta-fakta yang berhubungan dengan topik yang terdapat dalam teks anekdot. Makna tersebut dihubungkan dengan nilai-nilai kehidupan sehingga pembaca dapat mendalami dan merenungkan isi teks anekdot tersebut.

Rangkuman
  1. Anekdot merupakan cerita lucu yang bersifat menghibur yang dikemas dalam bentuk narasi atau percakapan. Anekdot dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan untuk introspeksi maupun inspirasi
  2. Anekdot juga digunakan sebagai media untuk mengkritik dan menyindir secara halus karena dikemas dalam cerita yang lucu dan menggelitik .sehingga membuat orang dengan senang hati menerima kritikan tersebut.
  3. Untuk memahami anekdot, pembaca harus mencermati topik dan rangkaian peristiwa yang diperkenalkan oleh tokoh.
  4. Dalam menyusun atau mengonstruksi kita harus menentukan topik, sasaran , dan unsur kelucuan dalam anekdot. Serta menyimpulkan makna dan pesan tersirat di dalamnya.


Latihan Soal

Cermatilah teks anekdot berikut!

Mengikuti Kuis

Suatu hari Doni dan Trio mengikuti sebuah kuis berhadiah. Doni menjadi pengarah sedangkan Trio menjadi penjawab. Apapun yang dikatakan Trio, Doni hanya boleh menjawab ya, tidak, atau bisa jadi.

Doni : Nama tempat?

Trio : Tidak!

Doni : Makanan?

Trio : Tidak!

Doni : Orang?

Trio : Ya, ya, ya!

Doni : Profesi?

Trio : Ya!

Doni : Guru?

Trio :Tidak!

Doni :Berdasi?

Trio :Ya, ya!

Doni : Pejabat?

Trio : Ya, ya!

Doni : Di kantor suka tidur?

Trio : Ya!

Doni :Banyak yang korupsi?

Trio : Bisa jadi, bisa jadi!

Doni : Anggota DPR?

Trio :Ya...!

Akhirnya Doni menjawab betul.

1. Apa isi teks anekdot tersebut!
……………………………………

2. Evaluasilah isi teks anekdot yang berjudul “Mengikuti Kuis” tersebut dengan mengisi tabel di bawah ini!

1 Judul
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

2 Partisipan/Tokoh
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

3 Humor/Lucu
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

4 Kritikan/Sindiran
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

5 Singkat
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

6 Menarik
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………

7 Nyata
  • Terdapat dalam teks: ya atau tidak
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • …………………………………


3. Tuliskan makna yang tersirat saat melihat gambar 1 anekdot tersebut berikut!
Bacalah teks yang berjudul “Keluarga Miskin dan Durian” berikut!

Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulan asap di dapur. Hasan sangat lapar. Ia pun pergi dari rumah, siapa tahu ada orang yang berbelas kasihan terhadapnya dengan memberi makan kepadanya. Namun, tak seorang pun yang belas kasih kepadanya. Akhirnya, Hasan punya akal panjang yaitu mencuri buah durian milik tetangga yang kikir itu. Dia pulang ke rumah membawa sebuah durian. Ibunya pun senang melihat kedatangan anaknya yang membawa makanan. Ibunya pun memuji tindakan Hasan.

“Lain kali lebih banyak, ya, Nak! Tidak hanya satu!“ kata ibunya dengan polos. Hari ini cuaca lebih cerah. Hasan pun pergi ke kebun. Diambilnya dua buah durian. Tapi naas bagi Hasan, warga sudah menghadangnya. Hasan di hakimi oleh massa. “Ini bukan keinginan saya, tapi keinginan ibuku.” Hasan menjerit kesakitan. Ibunya hanya diam.“Bagaimana warga, apakah kita lanjutkan hukuman ini!” kata kepala kampung “Lanjut, hajar dia, sampai dia kapok!” seru warga. Ibunya hanya bisa melihat anak yang malang itu dihakimi massa.

Setelah warga puas melampiaskan amarah dan meninggalkannya, ibunya datang memeluknya. Tapi Hasan malah memukul ibunya. Ibunya jatuh tersungkur di tanah. “Kenapa ibu dulu tidak memarahiku ketika aku mencuri pertama kali. Sekarang jadi seperti ini. Ya Allah, hukumlah Ibu yang tidak menyayangi anaknya!” rintih Hasan

4. Sebutkan nilai moral dari cerita tersebut!
…………………………………………………


Kunci Jawaban:

1. Sindiran terhadap anggota DPR yang melakukan korupsi

2. Evaluasilah isi teks anekdot yang berjudul “Mengikuti Kuis” tersebut dengan mengisi tabel di bawah ini!

1 Judul
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Judulnya : Mengikuti kuis

2 Partisipan/Tokoh
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Doni dan Trio

3 Humor/Lucu
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Saat tebakan tentang profesi

4 Kritikan/Sindiran
  • Terdapat dalam teks: ya
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Tentang anggota dewan yang berdasi namun suka korupsi

5 Singkat
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Ceritanya singkat, dan padat

6 Menarik
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Anggota DPR yang sudah bergaji besar namun masih suka korupsi

7 Nyata
  • Terdapat dalam teks: ya 
  • Kalimat pembukti dalam teks
  • Banyak terjadi di masyarakat

3. Saat PNS naik gaji maka harga pun akan ikut naik. Padahal tidak semua warga negara adalah PNS.

4. Nilai moral :
  • Jangan mencuri apapun alasannya.
  • Jangan pernah memukul orang tua terutama ibu

Posting Komentar

0 Komentar
Komentar

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Tinggalkan pesan yang positif untuk membangun komunikasi yang sehat

Posting Komentar (0)
2/sidebar/Soal 11

#buttons=(Accept !) #days=(360)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda.Pelajari lagi
Terima!
To Top